PROPOSAL USAHA
(WARUNG GUDEG “DELICIOUS”)
BAB I
GAMBARAN UMUM
BISNIS
Nama Pemilik Usaha : Dewi Cipta Novitasari
Nama Usaha :
Warung Gudeg Delicious
Bidang Usaha :
Kuliner
1.1
Latar Belakang
Perkembangan
ilmu pengetahuan dan teknologi membawa banyak perubahan diberbagai bidang dalam
aspek kehidupan manusia. Banyak dari budaya barat yang masuk dan mempengaruhi
segala aspek dalam kehidupan manusia sehari-hari. Hal tersebut membuat semakin
banyak orang yang lebih menyukai makanan cepat saji tau lebih dikenal dengan
junk food. Banyaknya orang yang menyukai makanan cepat saji membuat orang
enggan untuk makan dengan menu makanan tradisional. Makanan cepat saji sendiri
merupakan makanan yang diproses dengan waktu proses memasak yang cepat, dan
masakan cepat saji merupakan makanan yang tidak sehat karena menggunakan bahan
makanan buatan. Dalam hal ini tentunya makanan tradisional jauh leih baik dari
makanan cepat saji karena menggunakan bahan makanan alami dan sehat bagi tubuh.
Gudeg
merupakan menu makanan khas jogja yang memiliki cita rasa yang khas. Gudeg
sendiri disajikan dengan sayur nangka muda, sayur krecek, ayam, sayur tahu dan
lain-lain. Proses memasak gudeg memang membutuhkan waktu yang lama dan
menggunakan alat masak tradisional, tetapi hasil masakan yang dihasilkan
memiliki cita rasa yang khas dan lezat. Warung makan gudeg dapat menjadi
peluang usaha yang menjanjikan, terlebih lagi di kota besar seperti jakarta dan
tangerang. Tanpa harus pergi jauh ke jogja, konsumen di kota besar seperti
jakarta dan tangerang dapat menikmati makanan khas jogja ini. Hal tersebut yang
mendorong saya untuk membuka usaha warung makan gudeg dengan nama Warung Gudeg Delicious.
1.2
Visi dan Misi
Dalam
membangun usaha kuliner “Warung Gudeg Delicious”
ini terdapat visi dan misi yaitu sebagai berikut.
a.
Visi dari usaha
warung gudeg ini adalah masakan tradisional, citarasa fenomenal.
b.
Misi dari warung
gudeg ini adalah :
-
Fokus pada cita
rasa yang lezat dan khas.
-
Menjaga kualitas
dan higenitas masakan.
-
Memberikan
pelayanan yang terbaik dalam penyajian masakan gudeg.
BAB II
ASPEK PEMASARAN
2.1 Aspek
Pemasaran Bisnis
Strategi pemasaran merupakan hal yang
penting dalam membuat suatu usaha. Hal ini tentunya tidak dapat diabaikan.
Berikut ini merupakan strategi pemasaran dalam mendirikan usaha warung gudeg delicious.
1.
Target Pasar
Target
Pasar : Seluruh
Masyarakat dari Berbagai Kalangan
Jangkauan
Pemasaran : Tangerang dan
sekitarnya
2.
Lokasi
Usaha
warung gudeg delicious bergerak
dibidang kuliner. Usaha ini berkaitan dengan makanan dan miuman. Lokasi yang
tepat dan strategis untuk usaha ini adalah tempat yang dekat dengan pusat
jajanan atau tempat kuliner lainnya yang terdiri dari berbagai macam menu
masakan lain. Hal ini akan mempermudah konsumen memilih masakan yang disukai
pada saat makan bersama keluarga ataupun teman.
3.
Metode Promosi
Metode
Promosi dalam pemasaran usaha warung gudeg delicious
adalah dengan membuat selebaran sederhana dan dengan menggunakan media sosial
sebagai sarana pemasarannya.
Selebaran
sederhana yang dibuat dapat dipublikasikan ke orang banyak dengan memberikan
kepada setiap orang yang kita jumpai. Sedangkan media sosial saat ini merupakan
sarana yang menjanjikan sebagai sarana promosi karena banyak orang yang dengan
mudah mengetahui tempat atau lokasi usaha dan menu masakan yang disajikan.
BAB
III
ASPEK
KEUANGAN
3.1 Aspek Keuangan Bisnis
Anggaran
sebagai modal awal yaitu berasal dari modal awal pemilik yaitu sebesar
Rp.2.500.000 Pengeluaran untuk mendirikan usaha warung gudeg delicious adalah sebagai berikut :
-
Sewa tempat
usaha sebesar Rp. 600.000/bulan
-
Sarana dan
prasarana memasak dan alat saji serta bahan sebesar Rp.900.000 untuk kuali
tradisional, kotak etalase, bahan yang akan dimasak dan lain-lain.
-
Sarana dan
prasarana meja dan kursi sederhana Rp.1.000.000
Pemasukan yang didapat dari usaha warung gudeg delicious untuk target awal yaitu target
pendapatan perhari yang didapat dengan 1 porsi makan @Rp. 15.000 dan minum
dengan harga @Rp.3000 - Rp.5000. Setiap hari masakan yang disediakan cukup
untuk 50 – 60 porsi makanan. Total pendapatan yang didapatkan adalah Rp.
700.000 – 1.200.000/hari
Pengeluaran lain
:
Listrik dan air Rp.200.000/bulan
Lain
lain dan pengeluaran tak terduga Rp. 300.000/bulan
Pengeluaran
untuk pegawai yang membantu memasak dan melayani konsumen Rp. 600.000/bulan.
BAB
IV
ASPEK
PRODUKSI
4.1 Kapasitas Produk (Jasa)
Usaha warung gudeg delicious memiliki pegawai awal yaitu 1
orang pegawai yang membantu dalam memasak dan melayani konsumen. Usaha warung
gudeg delicious dapat menampung 5 –
10 konsumen yang dapat menikmati makan ditempat tersebut.
4.2 Proses Produk
Proses dalam memasak
dilakukan oleh pemilik usaha dan pegawai yang membantu dalam proses memasak dan
melayani konsumen. Proses memasak mengedepankan kualitas dalam citarasa yang lezat
dan khas. Proses memasak mengedepankan kualitas dan higenitas agar tetap
memuaskan konsumen.
BAB V
ASPEK MANAJEMEN
5.1 Manajemen Sumber Daya Manusia
Dalam
pelaksanaan usaha warung gudeg delicious
terdapat beberapa orang yang terlibat dalam usaha ini:
1. Dewi
Cipta Novitasari sebagai pemilik dan manajer keuangan serta manajer pemasaran.
2. Ibu
Susiyanti sebagai pengelola usaha dan manajer operasional.
3. Karyawan
yang membantu dalam operasional.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar