Rabu, 28 Oktober 2015

PROPOSAL USAHA (WARUNG GUDEG “DELICIOUS”)



PROPOSAL USAHA
(WARUNG GUDEG “DELICIOUS”) 

BAB I
GAMBARAN UMUM BISNIS


Nama Pemilik  Usaha  : Dewi Cipta Novitasari
Nama Usaha                : Warung Gudeg Delicious
Bidang Usaha             : Kuliner

1.1         Latar Belakang
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi membawa banyak perubahan diberbagai bidang dalam aspek kehidupan manusia. Banyak dari budaya barat yang masuk dan mempengaruhi segala aspek dalam kehidupan manusia sehari-hari. Hal tersebut membuat semakin banyak orang yang lebih menyukai makanan cepat saji tau lebih dikenal dengan junk food. Banyaknya orang yang menyukai makanan cepat saji membuat orang enggan untuk makan dengan menu makanan tradisional. Makanan cepat saji sendiri merupakan makanan yang diproses dengan waktu proses memasak yang cepat, dan masakan cepat saji merupakan makanan yang tidak sehat karena menggunakan bahan makanan buatan. Dalam hal ini tentunya makanan tradisional jauh leih baik dari makanan cepat saji karena menggunakan bahan makanan alami dan sehat bagi tubuh.
Gudeg merupakan menu makanan khas jogja yang memiliki cita rasa yang khas. Gudeg sendiri disajikan dengan sayur nangka muda, sayur krecek, ayam, sayur tahu dan lain-lain. Proses memasak gudeg memang membutuhkan waktu yang lama dan menggunakan alat masak tradisional, tetapi hasil masakan yang dihasilkan memiliki cita rasa yang khas dan lezat. Warung makan gudeg dapat menjadi peluang usaha yang menjanjikan, terlebih lagi di kota besar seperti jakarta dan tangerang. Tanpa harus pergi jauh ke jogja, konsumen di kota besar seperti jakarta dan tangerang dapat menikmati makanan khas jogja ini. Hal tersebut yang mendorong saya untuk membuka usaha warung makan gudeg dengan nama Warung Gudeg Delicious.

1.2         Visi dan Misi
Dalam membangun usaha kuliner “Warung Gudeg Delicious” ini terdapat visi dan misi yaitu sebagai berikut.
a.    Visi dari usaha warung gudeg ini adalah masakan tradisional, citarasa fenomenal.
b.    Misi dari warung gudeg ini adalah :
-       Fokus pada cita rasa yang lezat dan khas.
-       Menjaga kualitas dan higenitas masakan.
-       Memberikan pelayanan yang terbaik dalam penyajian masakan gudeg.



BAB II
ASPEK PEMASARAN


2.1     Aspek Pemasaran Bisnis
Strategi pemasaran merupakan hal yang penting dalam membuat suatu usaha. Hal ini tentunya tidak dapat diabaikan. Berikut ini merupakan strategi pemasaran dalam mendirikan usaha warung gudeg delicious.
1.    Target Pasar
Target Pasar                        : Seluruh Masyarakat dari Berbagai Kalangan
Jangkauan Pemasaran         : Tangerang dan sekitarnya
2.    Lokasi
Usaha warung gudeg delicious bergerak dibidang kuliner. Usaha ini berkaitan dengan makanan dan miuman. Lokasi yang tepat dan strategis untuk usaha ini adalah tempat yang dekat dengan pusat jajanan atau tempat kuliner lainnya yang terdiri dari berbagai macam menu masakan lain. Hal ini akan mempermudah konsumen memilih masakan yang disukai pada saat makan bersama keluarga ataupun teman.
3.    Metode Promosi
Metode Promosi dalam pemasaran usaha warung gudeg delicious adalah dengan membuat selebaran sederhana dan dengan menggunakan media sosial sebagai sarana pemasarannya.
Selebaran sederhana yang dibuat dapat dipublikasikan ke orang banyak dengan memberikan kepada setiap orang yang kita jumpai. Sedangkan media sosial saat ini merupakan sarana yang menjanjikan sebagai sarana promosi karena banyak orang yang dengan mudah mengetahui tempat atau lokasi usaha dan menu masakan yang disajikan.


BAB III
ASPEK KEUANGAN


3.1     Aspek Keuangan Bisnis
Anggaran sebagai modal awal yaitu berasal dari modal awal pemilik yaitu sebesar Rp.2.500.000 Pengeluaran untuk mendirikan usaha warung gudeg delicious adalah sebagai berikut :
-       Sewa tempat usaha sebesar Rp. 600.000/bulan
-       Sarana dan prasarana memasak dan alat saji serta bahan sebesar Rp.900.000 untuk kuali tradisional, kotak etalase, bahan yang akan dimasak dan lain-lain.
-       Sarana dan prasarana meja dan kursi sederhana Rp.1.000.000
Pemasukan yang didapat dari usaha warung gudeg delicious untuk target awal yaitu target pendapatan perhari yang didapat dengan 1 porsi makan @Rp. 15.000 dan minum dengan harga @Rp.3000 - Rp.5000. Setiap hari masakan yang disediakan cukup untuk 50 – 60 porsi makanan. Total pendapatan yang didapatkan adalah Rp. 700.000 – 1.200.000/hari
Pengeluaran lain :
Listrik  dan air Rp.200.000/bulan
Lain lain dan pengeluaran tak terduga Rp. 300.000/bulan
Pengeluaran untuk pegawai yang membantu memasak dan melayani konsumen Rp. 600.000/bulan.



BAB IV
ASPEK PRODUKSI


4.1     Kapasitas Produk (Jasa)
Usaha warung gudeg delicious memiliki pegawai awal yaitu 1 orang pegawai yang membantu dalam memasak dan melayani konsumen. Usaha warung gudeg delicious dapat menampung 5 – 10 konsumen yang dapat menikmati makan ditempat tersebut.

4.2     Proses Produk
Proses dalam memasak dilakukan oleh pemilik usaha dan pegawai yang membantu dalam proses memasak dan melayani konsumen. Proses memasak mengedepankan kualitas dalam citarasa yang lezat dan khas. Proses memasak mengedepankan kualitas dan higenitas agar tetap memuaskan konsumen.



BAB V
ASPEK MANAJEMEN


5.1     Manajemen Sumber Daya Manusia
Dalam pelaksanaan usaha warung gudeg delicious terdapat beberapa orang yang terlibat dalam usaha ini:
1.    Dewi Cipta Novitasari sebagai pemilik dan manajer keuangan serta manajer pemasaran.
2.    Ibu Susiyanti sebagai pengelola usaha dan manajer operasional.
3.    Karyawan yang membantu dalam operasional.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar